Cek Mitos dan Fakta Kepala Busi Hitam Harus Diganti

Foto/iStock

Jakarta, BeriTanya -- Busi motor adalah salah satu komponen penting dalam sistem pembakaran mesin. Fungsi utamanya yaitu menciptakan percikan api listrik yang diperlukan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara dalam ruang bakar mesin.

Seirngkali pengguna sepeda motor di Indonesia, meyakini bahwa jika warna hitam terlihat pada kepala busi, itu menunjukkan bahwa busi harus segera diganti dengan yang baru.

Warna hitam pada kepala busi dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu hitam basah akibat oli dan hitam kering.

Jika hitam dan basah, ini bisa menjadi tanda bahwa oli telah masuk ke dalam ruang bakar, mungkin disebabkan oleh ring piston yang sudah aus atau liner piston yang tergores.

Sementara jika dibandingkan, hitam dan kering biasanya disebabkan oleh campuran bensin yang terlalu banyak dibandingkan udara yang masuk. Ini dapat disebabkan oleh pengaturan yang terlalu basah atau kelebihan bensin.

Kotoran hitam akibat pengaturan yang terlalu basah dapat menyebabkan elektroda busi tertutup oleh kotoran, sehingga mesin sulit dinyalakan.

Tanda-tanda Busi Perlu Diganti

Meskipun terlihat kecil, kondisi busi dapat memberikan petunjuk penting terkait kesehatan mesin. Beberapa tanda-tanda bahwa busi perlu diganti antara lain:

1. Mesin Sulit Nyala:

Jika mesin sulit dinyalakan, busi yang aus atau kotor mungkin menjadi penyebabnya. Segeralah mengganti busi motor Anda agar terhinda

2. Bensin Boros

Busi yang tidak efisien dapat menyebabkan peningkatan konsumsi bahan bakar. Maka sebaiknya lakukan pergantian busi jika sudah merasakan hal tersebut pada motor Anda.

3. Performa Mesin Turun

Busi yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan getaran yang tidak biasa dan penurunan performa mesin. Pentingnya untuk mengecek secara berkala kondisi busi motor Anda.

Perlu diingat bahwa tanda bahwa busi harus diganti seharusnya dilihat dari kondisi elektroda. Jika elektroda sudah habis, rusak ataupun basah itu mungkin saatnya untuk mengganti busi.

 

 

 

M. Nurifan Anwar

Halo, Perkenalkan Saya M. Nurifan Anwar, mahasiswa semester 5 program studi Jurnalistik di Politeknik Negeri Jakarta, Depok. Dari pengalaman organisasi dan profesional saya, saya merasa memiliki sifat optimis dan kreatif yang membantu saya menjadi orang yang cepat belajar dan juga melatih keterampilan komunikasi saya. Minat saya terkait dengan menulis kreatif, komunikasi, produksi siaran, dan media sosial. Saya mahir dalam penggunaan Adobe Creative Suite dan Microsoft Office Suite.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama