Intip Pasaran Harga dan Spesifikasi Yamaha Freego

 

Foto/yamaha-motor.id


Jakarta, BeriTanya
-- Salah satu skutik 125 cc milik Yamaha yaitu Freego menarik dibahas. Yamaha Freego yang tidak masuk ke dalam tipe Maxi Family sebagaimana Nmax dan Lexi ini memiliki kemampuan akomodasi terbaik.

Freego tampil sebagai skuter matik yang menekankan kenyamanan dan fitur, walaupun tidak begitu fokus pada elemen gaya khas dari Yamaha seperti Aerox dan Nmax.

Lantas bagaimana spesifikasi, harga Yamaha Freego baru dan bekas sekarang ini?

Desain Tidak Seagresif Nmax dan Aerox

Yamaha Freego dibekali denga gaya yang berbeda dari skutik Yamaha lainnya dengan sudut-sudut yang lebih tumpul, memberikan kesan yang lebih bongsor. Meski begitu, Freego lebih menekankan pada kenyamanan akomodasi dan fitur untuk memudahkan pengendara untuk aktivitas sehari-hari.

Freego Bertenaga Kecil

Spesifikasi mesin Yamaha Freego mencakup diameter silinder sebesar 52,4 dan langkah 57,9 mm, dengan volume silinder 125 cc. Mesin ini mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 7,0 kW pada 8000 rpm dan torsi maksimum mencapai 9,5 Nm pada 5500 rpm.

Namun, jika dibandingkan dengan skutik 125 cc sejenis, tenaga yang dihasilkan oleh Yamaha Freego masih sedikit kalah. Sebagai perbandingan, Honda Vario 125 dengan volumetrik silinder serupa memiliki diameter 52,4 dan langkah 57,9 mm, memberikan tenaga sebesar 8,2 kW (11,1 PS) pada 8.500 rpm dan torsi 10,8 Nm (1,1 kgf.m) pada 5.000 rpm.

Meskipun demikian, Freego hanya menggunakan suspensi belakang per spiral biasa, yang memiliki karakteristik kenyal. Untungnya, Yamaha melengkapi dengan busa jok yang empuk, meningkatkan kenyamanan berkendara.

Dalam hal dimensi, Yamaha Freego cukup ramping dan ringan. Dimensinya secara keseluruhan adalah 1905 x 690 x 1100 mm, dengan jarak poros roda sepanjang 1.275 mm, dan bobot isi hanya 102 kilogram. Bobot yang ringan membuatnya sebanding dengan skutik biasa, terutama jika dibandingkan dengan Yamaha Lexi yang memiliki bobot 114 kilogram.

Harga Baru vs Harga Bekas

Melansir beberapa portal jual beli motor, harga Yamaha Freego terbaru sangat bervariasi, dengan Varian terbawah ada FreeGo tipe standard dengan harga Rp18,5 juta, kemudian FreeGo S Rp19,7 juta dan versi termahal yaitu FreeGo S ABS dengan harga Rp22,5 juta.

Pada tipe termahal, Yamaha Freego dibekali fitur keyless dan start stop button, termasuk fitur rem ABS di bagian roda depan.

Sementara itu, harga bekas Freego tipe standar dijual Rp14 jutaan, atau mengalami depresiasi sekitar Rp5,7 juta.

Penurunannya juga berkisar 30 persen dari harga baru. Persentase tersebut relatif kecil karena cukup banyak motor bekas berusia setahun yang penurunannya di atas 30 persen.

M. Nurifan Anwar

Halo, Perkenalkan Saya M. Nurifan Anwar, mahasiswa semester 5 program studi Jurnalistik di Politeknik Negeri Jakarta, Depok. Dari pengalaman organisasi dan profesional saya, saya merasa memiliki sifat optimis dan kreatif yang membantu saya menjadi orang yang cepat belajar dan juga melatih keterampilan komunikasi saya. Minat saya terkait dengan menulis kreatif, komunikasi, produksi siaran, dan media sosial. Saya mahir dalam penggunaan Adobe Creative Suite dan Microsoft Office Suite.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama