KKP Bangun Kampung Nelayan di Papua, Capai 22,1 Miliar

Foto/Sekretariat Presiden

Jakarta, BeriTanya -- Sekretaris Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Trian Yunanda, mengungkapkan bahwa pembangunan satu Kampung Nelayan Modern (Kalamo) di Desa Samber-Binyeri, Biak Numfor, Papua, membutuhkan anggaran sebesar Rp22,1 miliar.

Meskipun awalnya KKP ditugaskan untuk membangun 10 Kalamo, setelah dihitung-hitung, anggaran tersebut ternyata hanya cukup untuk membangun satu Kalamo di desa tersebut. Hal ini disebabkan oleh penataan ulang dari nol yang dilakukan KKP saat membangun kampung nelayan tersebut.

Alokasi anggaran sebesar Rp22,1 miliar akan digunakan untuk berbagai fasilitas, termasuk dermaga dan tambahan perahu, jalan akses dan jalan kawasan, instalasi air bersih, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), Mandi Cuci Kakus (MCK), penerangan, gardu pandang, shelter perdaratan, turap beton, dan pedestrian.

Selain itu, anggaran tersebut juga mencakup pembangunan fasilitas pengusahaan perikanan, seperti kantor koperasi pengelola, pabrik es portabel kapasitas 3 ton, gudang beku portabel kapasitas 10 ton, sarana perbaikan kapal, sentra kuliner, kios persediaan, bengkel nelayan, dan kendaraan berpendingin roda 4.

Anggaran juga akan digunakan untuk peningkatan kapasitas dan produktivitas usaha perikanan, melibatkan fasilitasi dan pendampingan kelembagaan dan usaha, program magang koperasi, pelatihan perawatan mesin kapal perikanan, dan bimbingan teknis sertifikasi kecakapan nelayan.

Program Kalamo merupakan inisiatif pemerintah untuk mengubah kampung nelayan tradisional menjadi modern dengan fasilitas pengusahaan perikanan yang dapat meningkatkan produktivitas, kompetensi masyarakat, dan pertumbuhan ekonomi.

M. Nurifan Anwar

Halo, Perkenalkan Saya M. Nurifan Anwar, mahasiswa semester 5 program studi Jurnalistik di Politeknik Negeri Jakarta, Depok. Dari pengalaman organisasi dan profesional saya, saya merasa memiliki sifat optimis dan kreatif yang membantu saya menjadi orang yang cepat belajar dan juga melatih keterampilan komunikasi saya. Minat saya terkait dengan menulis kreatif, komunikasi, produksi siaran, dan media sosial. Saya mahir dalam penggunaan Adobe Creative Suite dan Microsoft Office Suite.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama