5 Mobil Hybrid Tercepat di Dunia, Lamborghini Kalah Unggul dari Koenigsegg!

Koenigsegg Regera. (Doc. Moto1)

Jakarta, BeriTanya Mobil hybrid bisa dibilang salah satu kendaraan jenis elektrifikasi yang terbilang tinggi peminat, di Indonesia segmen ini pun berlahan tumbuh karena mobil ini juga masih mengandalkan mesin pembakaran bensin internal sebagai sumber penggerak, sehingga aman secara ekosistem.

Meski begitu mobil hybrid masih tetap memiliki tenaga yang tidak bisa diremehkan, bahkan beberapa pabrikan telah menggarap teknologi ini ke jajaran mobil sport lho, penasaran? Dikutip dari Carbuzz, Senin (27/11/2023) simak ulasannya berikut ini.

Mobil hybrid tercepat di dunia

1. Koenigsegg Regera - 255 MPH

Mobil hybrid tercepat di dunia pertama ada Koenisegg Regera, mobil pabrikan Swiss ini meskipun yang diproduksi sejak 2016, hingga kini masih tetap menjadi yang tercepat.

Mobil ini berhasil mencetak kembali rekor 0-249 mph di pertengahan 2023 dengan kecepatan penuh hingga 255 mph, dengan dukungan total daya sebesar 1.489 hp dan 1.475 lb-ft.

Mesin utamanya adalah V8 twin-turbo 5.0 liter yang sangat kuat, dengan bantuan motor listrik pada setiap roda belakang.

Transmisi Koenigsegg Direct Drive juga merupakan prestasi teknologi lainnya, memberikan respons gas yang tajam dan pengiriman tenaga yang halus, meskipun tanpa menggunakan gigi konvensional.

2. McLaren Speedtail - 250 MPH

McLaren masih mencoba ingin merebut dominasi Koenigsegg dengan Speedtail-nya. Mobil ini berkecepatan tinggi dengan kecepatan puncak 250 mph, terkonfirmasi selama pengujian di Johnny Bohmer Proving Grounds di Kennedy Space Center.

Speedtail ditenagai oleh V8 twin-turbo 4.0 liter dan dan tenaga sebesar 1.055 horsepower dan torsi sebesar 848 lb-ft.

3. Mercedes-AMG ONE - 218 MPH

Salah satu proyek paling ambisius dari Mercedes yakni AMG ONE berhasil mencatatkan kecepatan puncak 218 mph. Dengan tenaga yang terinspirasi dari F1 yaitu menggabungkan V6 turbocharged 1.6 liter dengan empat motor listrik yang hasilkan total tenaga sebesar 1.049 horsepower, kalah sedikit dari tenaga Speedtail.

Sistem yang kompleks ini melibatkan poros depan yang didorong listrik dan poros belakang dengan hibrid-drive, memperlihatkan rekayasa canggih dan kemampuan kinerja.

4. Lamborghini Revuelto dan McLaren P1 - 217 MPH

McLaren P1 maupun Lamborghini Revuelto sama-sama bersaing untuk menjadi yang terbaik. Dengan mencapai kecepatan puncak yang impresif sebesar 217 mph. McLaren P1, sama-sama diperkenalkan pada 2013 mobil ini sukses mencatatkan powertrain hibrida 903 tenaga kuda dengan V8 twin-turbo 3.8 liter dan motor listrik.

Sementara Lamborghini Revuelto, kendaraan Hibrida Berkemampuan Tinggi (HPEV) pertama yang diperkenalkan oleh Lamborghini, mengombinasikan V12 6.5 liter dengan tiga motor listrik, menghasilkan total 1.001 tenaga kuda, unggul sedikit dibandingkan pesaingnya McLaren P1.

5. Porsche 918 Spyder - 214 MPH

Mobil hybrid tercepat di dunia terakhir ada Porsche 918 Spyder hadir dengan catatan kecepatan 214 mph.

Dengan kombinasi yang pas antara V8 atmosfer 4.6 liter dengan dua motor listrik, 918 Spyder berhasil menghasilkan total tenaga sebesar 874 horsepower dan torsi sebesar 944 lb-ft.

M. Nurifan Anwar

Halo, Perkenalkan Saya M. Nurifan Anwar, mahasiswa semester 5 program studi Jurnalistik di Politeknik Negeri Jakarta, Depok. Dari pengalaman organisasi dan profesional saya, saya merasa memiliki sifat optimis dan kreatif yang membantu saya menjadi orang yang cepat belajar dan juga melatih keterampilan komunikasi saya. Minat saya terkait dengan menulis kreatif, komunikasi, produksi siaran, dan media sosial. Saya mahir dalam penggunaan Adobe Creative Suite dan Microsoft Office Suite.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama